Mengembangkan Sepotong Ide dalam Menulis dengan Google Jamboard


Resume Pertemuan ke-16 Pelatihan Belajar Menulis Bersama OmJay dan PB PGRI.           

Narasumber Bpk Agus Sampurno,M.Pd., Moderator Ibu Sri Sugiastuti, M.Pd.


“Dalam menulis di blog yang terpenting adalah tulisan yang terus menerus dikembangkan dan berawal dari sebuah ide pokok yang sederhana” ( Agus Sampurno, M.Pd.) 

“Tulisan anda ibarat sebuah lego. tulisan demi tulisan akan tampak baik dan bagus seperti lego yang tersusun dan membentuk sebuah bangunan jika anda terus berusaha menggabungkannya”

( Agus Sampurno, M.Pd.)

 

Profil Bapak Agus Sampurno, M.Pd.

(2015) PSF SDO Jakarta. (2018) Master Trainer Sertifikasi BNSP. (2013-2015) Kepala sekolah Ananda Islamic School Jakarta Barat. (2000-2013)  Koordinator guru di Global Jaya International School Jakarta.

(2009) Blog Pendidikan terbaik Detik.com (2010) Microsoft  Indonesia Innovative Educators.  (2011) Guru Era Baru oleh Acer Indonesia. (2012)  The BOBs (Best of the Blogs)  Deutsche Welle Germany (2014) Penulis Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). (2014- 2016). Pengkaji Naskah Pustekkom Jakarta (2014-2017) KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)  juri dan pelatih lomba inovasi pembelajaran TK-SMA

Kontak Person
Twitter @gurukreatif
FacebookAgus Sampurno
Email : a.sampurno[a]gmail.com
Hp/WhatsApp/Telegram 0813-15590729

 

Pada pertemuan ini menghadirkan narasumber yang unik dengan ide-idenya. Beliau adalah seorang Kepala Sekolah yang pernah menjadi juara pertama Guru Era Acer Award.

Bapak Agus Sampurno,M.Pd. sebagai juara pertama guru era baru Acer Award dengan blog.http://gurukreatif.wordpress.com

 

Kisah tentang guru era baru Acer award

Dimulai pada saat pak Agus mengalami kebosanan dalam mengajar dan menjadi guru. Beliau sangat terkendala dengan manajemen kelas saat mengajar. Lalu beliau lakukan riset di internet mengenai masalahnya itu kemudian beliau tuliskan dalam blog. Beliau menulis tentang semua masalah yang dialami ditambah hasil risetnya yang sudah dipraktikkan menjadi ide segar bagi yang membacanya. Hal ini yang kemudian  beliau lakukan berkali kali yang ditulis di blognya dengan judul yang berbeda beda

 

Mengembangkan ide sederhana menjadi sebuah tulisan

Pada kesempatan ini kita akan berdiskusi perihal ide dalam menulis

Menulis adalah cara anda untuk merencanakan sesuatu

Misalnya: Sebagai seorang muslim jika anda berketetapan ingin pergi ke Tanah suci. Maka anda bisa memulainya tentu saja dengan niat lalu menuliskannya

Idenya bisa apa saja. bisa perihal persiapan, ibadah yang menjadi persiapan sampai menuliskan pengalaman orang yang pernah, dengan demikian rasa ketertarikan untuk menulis akan ada terus

Menulis adalah cara terbaik untuk meningkatkan ide Anda.

 

Tulisan anda ibarat sebuah lego. tulisan demi tulisan akan tampak baik dan bagus seperti lego yang tersusun dan membentuk sebuah bangunan jika anda terus berusaha menggabungkannya.

Menulis bagian dari sebuah rangkaian minat,  Jika anda adalah ....................... maka anda mesti menulis

 Berikut beberapa tipe seseorang:

1. seseorang yang punya hobby yang unik

Internet menghargai orang-orang dengan minat yang tidak jelas dan unik. Menulis online di blog akan membantu Anda menemukan penghobi yang berpikiran sama yang tidak dapat Anda temukan di kehidupan nyata.

 2. Think-for-Yourself Academic (seorang pintar berbakat dan terobsesi dengan pengetahuan tertentu)

Seorang dengan minat jenis ini bisa bisa akan menantang para akademisi tulen di kampus. Mereka adalah orang yang sangat terspesialisasi dan seringkali menentang ide-ide baru.

Di Internet, Anda tidak memerlukan izin dari peer reviewer (otoritas keilmuwan) sebelum Anda menerbitkan pekerjaan Anda.

3. Pengusaha Muda atau pebisnis baru

Kita sedang bergerak ke dunia Produk yang Memprioritaskan Pembeli atau audiens. Sebelum Internet, perusahaan membuat produk sebelum audiens. Sekarang, mereka membangun audiens sebelum produk. Lebih mudah memulai bisnis saat Anda memiliki audiens.

4. Karyawan yang Diremehkan (jika anda adalah orang yang merasa tempat kerja anda tidak bisa menerima ide segar dan baru)

Jika pasar meremehkan keterampilan Anda, dan Anda tidak dapat menunjukkan kompetensi Anda di tempat kerja, Anda dapat membuktikan diri dengan menulis online.

 5. The Deep Thinker (kaum pemikir)

Menulis online akan mempertajam pemikiran Anda.

Halaman putih kosong adalah cermin ke dalam pikiran Anda. Ketika ide-ide di benak Anda kabur, begitu pula kata-kata di halaman depan Anda. Menulis ulang adalah memikirkan ulang.

Menulis adalah cara terbaik untuk meningkatkan ide Anda.

6. Orang dengan ide dan pemikiran unik (hampir mirip dengan nomor 1)

Anda secara intelektual ingin tahu, tetapi Anda terjebak di tempat di mana Anda tidak dapat bertemu orang yang berpikiran sama.Menulis online, sehingga orang-orang mendatangi Anda. Saat mereka melakukannya, Anda dapat melakukan obrolan video dengan mereka dan mencari cara untuk bertemu langsung dengan mereka. Tidak ada lagi kesepian intelektual.

 7. The Job Hunter (si Pencari kerja atau order)

Sebuah blog pribadi yang ditulis dengan baik mengatakan lebih banyak tentang Anda daripada CV  apa pun. Menulis menunjukkan keingintahuan, komitmen, dan ketekunan, yang menarik perhatian perusahaan terbaik.

Alih-alih orang-orang akan menghubungi perekrut, mereka justru akan menghubungi Anda.

Dengan menulis online, Anda dapat mendemonstrasikan kompetensi Anda dan memberi tahu dunia tentang keahlian unik Anda.

Dari ke-7 tipe di atas, termasuk ke dalam tipe yang manakah Anda?

Nah kita akan belajar mengurai satu ide bersama sama menjadi sebuah tulisan

https://jamboard.google.com/d/1AsgaSBnpe_gmiKUTp4WA15fBV1r_YWfL4wXGIHoJmdQ/edit?usp=sharing

Caranya adalah

Anda akan melihat piramida di link yang saya bagikan

 

 Tugas Anda

 1. menentukan satu ide pokok tulisan

 2. terus turun ke bawah tambahkan data atau informasi pendukung

 3. dengan demikian total ada 6 ide yang Anda buat

Gunakan post itu untuk menulis ide Anda

Silakan Anda mengolah ide dari link yang saya berikan di atas.

 Bagi yang sudah menggunakan Jamboard dari google. Anda bisa membuat sticky note yang baru

 

 

 

Dalam menulis blog yang terpenting adalah tulisan yang terus menerus dikembangkan dan berawal dari sebuah ide pokok yang sederhana. Misalnya ibu akan angkat mengenai 'pembelajaran jarak jauh' maka bisa saja semua tulisan ibu berkutat disana.  Tulisan kita yang lama bisa saja dimasukkan di blog. Sejatinya blog milik kita sendiri dan bebas bagi kita mengisinya dengan tulisan apa saja bahkan dari edisi tulisan yang lama.

Ide sebenarnya mudah dicari dan ditemukan, yang sulit adalah cara melakukan eksekusi hingga menjadi sebuah tulisan. Dalam menulis banyak hal yang menarik dan bisa dinikmati prosesnya. Dalam mencari ide menulis ada banyak pemicu yang bisa berujung pada terbitnya sebuah tulisan. Seperti itulah yang dilakukan di google jamboard.

Ada beberapa perspektif menulis dalam menyikapi situasi Pembelajaran Jarak Jauh, yakni:

1. Persepektif sebagai pendidik yang merasa dirinya sukses; ia akan menceritakan bagaimana dirinya sukses mengampu pembelajaran online, dengan menceritakan kesehariannya dalam mengajar secara online. Ia lupa banyak pendidik di luar sana yang masih berjuang mengatasi kendala.

2.  Perspektif sebagai pendidik yang menyalahkan orang tua siswa yang kurang sigap mendampingi anaknya dalam pembelajaran jarak jauh.

3.     Perspektif pendidik yang mencoba memberikan jalan keluar berdasarkan pengalamannya. Ia berperan memberikan pertimbangan, tips dan trik bagi kedua belah pihak, bagi orang tua siswa dan guru.

 Bagi penulis pemula

Orang lebih senang mencari sesuatu yang ada hubungannya dengan keuntungan atau kebutuhan dirinya. Hal ini sering dilakukan bagi penulis pemula karena belajar menulis ide berdasar diri sendiri. Dimulai dari yang mudah, yang bisa, yang dialami.

Ketika ingin sekali menulis, namun judul yang ditemukan sudah tertuang oleh orang lain, maka cara menyikapi hal ini adalah mencermati tulisan orang lain lalu lakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi).

Cara terbaik memberikan ‘roh’ pada tulisan adalah sebagai penulis, kita sudah tahu dalam satu kalimat, hal apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca. Sebuah buku yang tebalnya berlembar-lembar pun pada akhirya punya satu tema besar yang ingin disampaikan.

 Cara membangun konsistensi dalam menulis ide di blog adalah memilih topik yang dikuasai kemudian lakukan  riset kecil-kecilan di google, kemudian tampilkan tulisan anda sudah dengan solusi dari sebuah masalah, tuliskan di bagian apa Anda merasa nyaman dan menguasai (tidak harus ahli atau menguasai sekali).

 Kesimpulan

1. Berbagilah hal yang Anda ingin orang lain ketahui, tidak perlu menunggu sampai ahli, bahkan Anda bisa berbagi proses yang sedang Anda jalankan;

2. Jika terus menerus menekuni hal yang sama dan fokus maka itu akan menjadi brand atau reputasi Anda

3. Untuk terus meningkatkan kemampuan dalam menulis, lakukan ATM amati tiru dan modifikasi

4. Belajar mengembangka  ide di google jamroad, buka link https://jamboard.google.com/d/1AsgaSBnpe_gmiKUTp4WA15fBV1r_YWfL4wXGIHoJmdQ/edit?usp=sharing

 

Salam literasi

Hayati Cempaka

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikuti Langkahnya, Terbitkan Bukunya

Kisah Sukses Sang Juara Pertama Inobelnas dan Penulis Ratusan Buku