Apa itu Branding? Yuk Belajar Membangun Branding!
Pribadi yang hebat adalah mereka yang terus mau belajar memantaskan diri untuk menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani. (Namin AB Ibnu Solihin)
Profil
Namin AB Ibnu Solihin founder motivatorpendidikan.com, Ayah empat @anaktanpagadget, Pembicara Seminar Parenting, Konsultan Branding Sekolah dan Blogger Pendidikan. Untuk mengenal lebih dekat dengan beliau, kita bisa buka link berikut ini https://motivatorpendidikan.com/index.php/2015/08/29/profil-namin-ab-ibnu-solihin/
Kita bisa berteman melalui media sosial yang saya miliki Instagram @motivatorpendidikancom, @anaktanpagadget
Berbagai kegiatannya bisa dilihat di Channel YouTube
Motivator Pendidikan Com.
Narasumber kita kali ini akan berbagi pengalaman tentang bagaimana beliau membangun Branding melalui Blog dan Media Sosial. Bagi Anda yang belum membangun branding, mungkin Anda penasaran kan apa itu branding? Tujuan dari membangun branding ini adalah untuk membangun hubungan dengan para pembaca blog atau media sosial yang kita miliki.
Nah sebelum kita belajar membangun branding kita ngulik dulu yuk tentang perjalanan hidup pak Namin sebagai blogger dan founder
Bapak Namin mulai Ngeblog tahun 2007, melalui blogspot.com, saat itu beliau ngeblog untuk mengisi waktu luang saat istirahat mengajar. Tulisan di Blog juga masih sangat beragam, bahkan lebih banyak curahatan hati. Jadi saat awal-awal ngeblog beliau tidak punya impian apa-apa dan tidak memiliki tujuan apa-apa. Yah, pokoknya buat asyik-asyik saja dan agar waktu istirahat lebih bermanfaat.
Bpk Namin pernah membuat lebih dari 10 blog melalui blogspot.com. Waah luar biasa ya....Sebagian besar blog tersebut sudah dihapus dan sebagian lagi belum sempat dihapus karena beliau lupa username dan paswordnya, saking banyaknya blog yang dibuat.
Hingga akhirnya disekitar tahun 2013 beliau mengenal guraru.org, sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif dengan konten edukasi yang sangat menarik. Guraru.org setiap tahunnya juga memberikan penghargaan bagi para guru bloger yang berprestasi diantara para pemenangnya adalah yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu Pak.Agus Sampurno dengan Brandnya Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi Dwitagama. Blog guraru.org kini masih ada tapi kegiatan forum menulisnya tidak ramai lagi.
Dari ngeblog asal-asalan kemudian pak Namin mulai memiliki semangat untuk berbagai melalui tulisan diblog keroyokan dan blog pribadi. Keinginan untuk menulis lebih baik lagi, akhirnya ditahun 2013 beliau memaksakan diri untuk mengikuti program Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman.
Pada tahun 2014 pak Namin dan Om Jay bersama teman-teman menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, pada tahun 2014-2015 kami Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek. Program ini kami gagas dalam menggerakan agar guru-guru mau menulis dan menggunakan internet dan teknologi sebagai pembelajaran. Selain itu kami juga memiliki impian agar para guru bisa aktif berkontribusi menjadi produsen digital dengan cara menulis konten edukasi setiap harinya.
Ya, sudah saatnya guru menjadi produsen digital bukanlah lagi konsumen digital. Karena seperti yang kita pahami saat ini banyak sekali konten pornografi yang setiap harinya bisa menjadi monster dan predator yang sangat menyeramkan, yang bisa menyerang orang dewasa dan juga anak-anak. Indonesia termasuk Negara yang mengakses pornografi paling besar di dunia, kondisi seperti ini bisa menghancurkan masa depan generasi bangsa. Di sinilah peran kita sebagi guru, berkontribusi menyelematkan generasi bangsa dengan membuat konten edukasi yang kreatif.
Tahun 2014 juga awal beliau mulai membangun Branding lewat blog. Perjalanan saya membangun Branding bisa dibaca di profilnya pada link di atas. Singkatnya akhirnya pada tahun 2015 pak Namin melaunching di website www.motivatorpendidikan.com, seluruh konten tulisannya berisikan berbagai jenis program training.
Sebelum website tersebut di launching, beliau banyak mencurahkan gagasannya tentang pendidikan di Blog https://motivatorkreatif.wordpress.com.
Membangun Branding memang
tidak mudah, tapi jika kita sungguh-sungguh Insya Allah ada kemudahan.
Membangun Branding juga harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Jangan coba-coba membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya. Membangun Branding melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan segala aktivitas yang kita lakukan.
Menulis konten kreatif di Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kala mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Hingga akhirnya ketika orang berbicara "Motivator Pendidikan" mereka, Akhirnya akan mengingat "Namin AB Ibnu Solihin". Selain itu beliau juga menjadi "Pembicara Seminar Parenting" "Motivator Pelajar" di beberapa wilayah di Indonesia.
Menulis dan membangun Branding telah mengantarkan pak Namin keliling Indonesia, beliau telah mengisi training setidaknya di lebih dari 300 lembaga, sejak tahun 2014 hingga sekarang. Lengkapnya materi membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial beliau bagikan lewat link di bawah ini, baik dalam bentuk slide maupun video workshop.
Membangun Branding Melalui
Blog dan Media Sosial Bagian 2
Kita sering mendengar istilah Brand dan Branding, walau sepertinya mirip tapi sebenarnya memiliki perbedaan.
Brand adalah merek yang dihasilkan melalui branding, lalu branding itu apa dong? Branding adalah proses atau strategi yang dilakukan untuk membangun hubungan dengan para pembaca blog atau media sosial yang kita miliki.
1. Nama Blog dan
Instagram : motivatorpendidikan.com
2. Identitas (Logo dan
tulisan dominan warna merah, yang mencerminkan nilai semat)
3. Fokus pada dunia pendidikan
9Training, seminar, dan workshop)
4. Fokus materi (Training guru
kreatif, seminar parenting, motivasi pelajar dan mahasiswa, Branding sekolah)
5. Konten tulisan berisi
artikel Pendidikan dan foto-foto kegiatan training
1. Berikut
ini adalah materi dalam bentuk PPT
https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak/membangun-branding-melalui-blog-dan-medsos
2. Tips
bagi guru blogger Membangun Branding
melalui Blog dan Media Sosial
https://youtu.be/PFWf0-gerT8
Silakan disimak video berikut ini
3. Membangun branding lewat blog dan media social bagi guru blogger Bersama Namin AB Ibnu Solihin https://youtu.be/ht_u8DNBaBQ
Silakan disimak video berikut ini
Format sebagai latihan sebelum
membangun Branding:
Nama Instagram :
Strategi yang
dilakukan dalam membangun Branding Blog dan istagram motivatorpendidikan.com dengan
cara :
1. Membuat
blog dan media sosial yang mudah dibaca dan diingat oleh orang
yaitu motivatorpendidikan.com
2. Mengisi
konten Blog dan Media sosial dengan tulisan – tulisan yang berkaitan dengan
dunia pendidikan, sehingga segmentasi jelas, bahwa pembaca yang akan berkunjung
adalah mereka yang membutuhkan konten tersebut.
3. Membuat
poster dan video yang berkaitan dengan motivasi pendidikan.
4. Membuat
kaos yang bertuliskan motivatorpendidikan.com
5. Mengadakan
pelatihan Gratis dari motivatorpendidikan.com sebagai sarana
memperkenal Brand (merek)
6. Mengadakan
perlombaan menulis buku yang diselenggarakan oleh motivatorpendidikan.com
7. Membagikan secara gratis ribuan video pendidikan kepada para follower atau peserta kegiatan seminar.
Contoh yang sudah memiliki
Brand
Wijaya kusuma- Guru Blogger
Indonesia
Agus Sampurno Guru Kreatif
Dedi Dwitagama Trainer Kita
Sukani CEO Dogmit
Rudy Hilkya Rudy Fisika
Namin AB Ibnu Solihin founder
motivatorpendidikan.com
Jadi Brand, jika sudah
terkenal akan melekat dengan nama kita😊
Sebelum membangun Branding, Blog
kita harus tampil bagus dan menarik.
Contoh nama blog yang bagus
untuk guru:
gurumtk.blogspot.com
guruipa.blogspot.com
gurukece.blogspot.com
gurubahagia.blogspot.com
guruasyik.blogspot.com
gurumilineal.blogspot.com
gurumuda.blogspot.com
Tips membuat blog yang
menarik:
1. Nama
blognya kalau bisa jangan ada angkanya. Contoh guruhayaticempaka.blogspot.com
(tidak menggunakan angka)
2. Blognya lebih semangat lagi diisi dengan
konten sesuai yang sudah ditulis di branding ini
3. Terus
berjuang dan belajar untuk mendesign blog sesuai karakter dan branding yang
kita tentukan.
4. Bagi
yang blognya menggunakan warna dasar, pastikan tulisan di blog warna dapat terbaca.
5. Artikel
yang di publish di Home dibatasi saja, misalkan tiga buah
6. Tambah
menu di Header, contoh : pemilik blog, karya, hubungi kami, dan lainnya.
7. Usahakan
berani beli Hosting dan domain untuk menulis
8. Munculkan
juga profil pemilik blognya
9. Perbaiki tampilannya, terutama pada bagian Header, tambah menu dibagian header, perbaiki tampilannya, jangan banyak space yang kosong, kalau bisa ada taglinenya.
Contoh tagline Alfamart : Belanja Puas Harga Pas. (tidak terlalu Panjang)
Salam literasi
Terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik
BalasHapusRuntut. Lengkap
BalasHapusSiiip lengkap .....
BalasHapusAku guru apa? Guru Esde dot com. Bagusnya ya jika punya brand.
BalasHapusBaru bisa BW ke Blog teman teman
BalasHapusTulisannya Lengkap banget
Cihuuyyyy Bu
terimakasih informasinya sangat bermanfaat
BalasHapushttps://bit.ly/34IXCXo